Halaman

kamera digital

Sabtu, 12 April 2014

My Chemical Romance Kembali!


Yeaa... My Chemical Romance atau sering disingkat MCR akhirnya kembali. Tapi bukan untuk selamanya. MCR yang telah menyatakan diri bubar pada 22 Maret 2013 silam, tahun 2014 ini kembali merilis album kompilasi. Album berjudul “May Death Never Stop You” akan mengingatkan kita betapa band emo asal New Jersey ini pernah membuat galau dunia.

Sangat patut disayangkan memang ketika band yang digawani Gerard Way, Frank Iero, Ray Toro, Mikey Way, Matt Pelissier dan Bob Bryar ini menyatakan diri bubar. Dalam album kompilasi yang berisi 19 lagu ini, MCR seakan menegaskan bahwa mereka tetap menjadi idola walau kini berjalan sendiri-sendiri.

My Chemical Romance adalah salah satu band penting dalam sejarah musik emo atau juga dikenal dengan post-hardcore di dunia. MCR adalah salah satu bagian sukses komersialisasi kala mereka mulai sering didengar oleh penikmat musik, dengan musik yang begitu bergemuruh, mereka mampu menjualnya bahkan terbilang laris.

Walau beberapa orang yang menganggap lirik mereka yang terlalu cengeng, lirik mereka justru menjadi bagian penting bagi sebagian besar anak muda, mungkin juga Anda yang pernah menikmati masa jayanya di rentang waktu 2001 hingga 2013. Saat itu kata “galau” belum sepopuler sekarang, tapi MCR telah menjadi soundtrack kegalauan itu. (galau yang emosional).

Pada album kompilasi yang dirilis tahun ini, MCR seakan ingin memutar waktu kegemilangan mereka. Dibuka dengan lagu “Fake Your Death”, unreleased single yang mereka sematkan guna promosi album ini sukses membuat kita rindu masa-masa MCR jaya.

Tempo lagu yang sedang, dan seperti berusaha menenangkan fans mereka yang masih terhenyak dengan kabar bubarnya mereka. “I choose defeat, I walk away, And leave this place..” Gerard Way menenangkan penggemar seolah berujar bahwa ini adalah jalan yang terbaik, justru bagian gitar terdengar mengiringi “kematian” mereka dengan ratapan sedih dalam lagu ini. Oh sungguh, jika kalian mendengarnya, sangat miris sekaligus merindukan.

Lagu kedua dalam album kompilasi ini adalah ‘Honey, This Mirror Isn’t Big Enough For The Two Of Us’, dan ‘Vampires Will Never Hurt You’ dari album penuh perdana mereka “I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love” pada tahun 2002. Pada album ini MCR menunjukkan bahwa mereka masih muda dengan lagu-lagu yang penuh kemarahan dan kegelisahan. Mungkin bagi sebagian besar penikmat MCR di Indonesia, album ini belum begitu familiar.

MCR mulai merajai (meledak) di Indonesia pada 2004, dimana ‘Helena’, ‘You Know What They Do To Guys Like Us In Prison’, ‘I’m Not Okay (I Promise)’, dan ‘The Ghost Of You’, dari album “Three Cheers for Sweet Revenge” tak bisa ditahan-tahan lagi untuk didengar oleh penggemarnya di Indonesia.

Album “Three Cheers for Sweet Revenge” juga menjadi awal kesuksesan MCR secara global. Album ini pulalah yang menggiring MCR ke Indonesia ditahun selanjutnya.

Kesuksesan MCR berlanjut di 2006 dengan album konsep “The Black Parade”. Album ini dibuka dengan lagu ‘Welcome To The Black Parade’, sukses menghentakkan pendengarnya, ditambah lagi dengan ‘Cancer’, ‘Mama’, ‘Teenagers’, dan ‘Famous Last Words’ album ini menjadi sajian khusus yang takkan pernah dilupakan, saya yakin Anda pun tidak luput menyanyikan lagu-lagu mereka di album ini.

Karena merasa masih dirindukan, MCR akhirnya merilis ulang lagu-lagu hits mereka. 19 lagu tampak kurang untuk mewakili kerinduan penggemarnya. Namun lagu-lagu besar MCR ini sudah cukup mengobati rindu yang lama. Berikut daftar 19 lagu MCR dalam album kompilasi “May Death Never Stop You”,

  1. “Fake Your Death” 3:21
  2. “Honey, This Mirror Isn’t Big Enough for the Two of Us” 3:53
  3. “Vampires Will Never Hurt You” 5:26
  4. “Helena” 3:26
  5. “You Know What They Do to Guys Like Us in Prison” 2:55
  6. “I’m Not Okay (I Promise)” 3:08
  7. “The Ghost of You” (extended version) 3:57
  8. “Welcome to the Black Parade” 5:14
  9. “Cancer” 2:25
  10. “Mama” 4:39
  11. “Teenagers” 2:42
  12. “Famous Last Words” 5:00
  13. “Na Na Na (Na Na Na Na Na Na Na Na Na)” (single version) 3:26
  14. “Sing” 4:31
  15. “Planetary (Go!)” 4:07
  16. “The Kids from Yesterday” 5:26
  17. “Skylines and Turnstiles” (demo) 3:30
  18. “Knives/Sorrow” (demo) 2:14
  19. “Cubicles” (demo) 4:00

Jika berniat memilikinya, buruan ke toko kaset. Album mereka sudah bisa dinikmati di Indonesia.

Sesuai dengan judul album ini, semoga bubarnya MCR tidak menghentikan kita untuk mendengarkan karya mereka, atau menolak mengakui jika pernah ikut cengeng dan emo-sional saat mendengar lagu mereka. Album penutup karir ini merupakan persembahan untuk fans MCR yang telah mendukungnya. Jika mengutip penutup mereka pada booklet album ini, Thank You For The Venom!, maka saya juga ingin ucapkan Thank You MCR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aksesoris kamera